Jumat, 29 Juni 2018

(Catatan) Mengatasi zsh (oh-my-zsh) yang Lemot di Void Linux

 
Assalamu'alaikum wr.wb

Hal ini saya alami setelah reboot void linux yang baru saja saya pasang zsh (oh-my-zsh) didalamnya. Terminal tidak bisa langsung digunakan setelah terbuka dan harus menunggu sekitar ~20 detik sebelum bisa digunakan. Tentunya pikiran saya langsung tertuju pada zsh shell yang saya install sebelumnya. Setelah browsing sana sini hasilnya hampir sama semua yaitu mematikan plugin yang tidak terpakai.

$ cat ~/.zshrc
dibagian plugin hanya ada satu yang aktif
[...]
plugins=(
git
[...]
setelah git saya hapus dan logout hasilnya tetap sama. Akhirnya saya kembalikan shell default ke bash :(
tapi anehnya setelah shell default kembali kebash dan saya run zsh, zsh terbuka dengan cepat :O
tapi setelah saya ganti shell default ke zsh masalah kembali lagi, zsh tidak resposif. Setelah saya telusuri dengan command
$ which zsh
output yang saya dapat adalah zsh ada /usr/bin/zsh bukan di /bin/zsh (meskipun disana juga ada sih) seperti yang tertulis di output command
$ chsh -l
akhirnya saya mengedit manual file /etc/shells dan menambahkan line baru dengan isi /usr/bin/zsh

$ sudo nano /etc/shells
dan menset ulang shell default ke zsh yang ada di /usr/bin/zsh
$ chsh -s /usr/bin/zsh
 dan setelah saya logout dan login kembali masalah zsh yang lemot selesai :D

nb: ini adalah pengalaman yang saya alami, bisa saja penyebab zsh lemot berbeda antara saya dan orang lain, jadi mohon dimaklumi dan jadilah pembaca yang bijak

Wassalamu'alaikum wr.wb

1 komentar:

(Catatan) Mengatasi zsh (oh-my-zsh) yang Lemot di Void Linux

  Assalamu'alaikum wr.wb Hal ini saya alami setelah reboot void linux yang baru saja saya pasang zsh (oh-my-zsh) didalamnya. Term...